Rabu, 02 Januari 2013

Cagak Aniem di Depan Kantor Pegadaian Sleman

Keberadaannya tidak sulit ditemukan berada Jalan Pemuda No. 1 Kabupaten Sleman, Propinsi DIY atau tepatnya di depan Kantor Pegadaian Cabang Sleman. Karena saya sering melewati jalur Jogja-Magelang maka dengan mudah dapat saya temukan keberadaannya.
Kata ANIEM merupakan singkatan dari Algemeene Nederlandsche Indische Electriciteit Maatschappij, perusahaan listrik milik Belanda. ANIEM ini akhirnya berkembang menjadi perusahaan listrik swasta terbesar di Hindia Belanda dan menguasai distribusi sekitar 40 % kebutuhan listrik di negeri jajahan ini.  
Menurut info yang saya baca dari situs tembi tiang listrik kuno yang terbuat dari besi baja ini sampai sekarang kondisinya masih relative utuh. Ketinggian tiang listrik ini kurang lebih 10 meter. Tiang listrik dibuat dengan sistem sambungan saling silang dengan sistem kuncian paku dan sekrup. Sistem kuncian sambungan antarbesi yang demikian itu tampaknya memang sangat lazim pada bangunan-bangunan yang terbuat dari logam (besi/baja) di masa kolonial Belanda. Jika dilihat dari jauh maka akan kelihatan bahwa sambungan saling silang plat baja tersebut seperti anyaman bilah-bilah bambu. Plat baja yang saling sambung tersebut berfungsi untuk menguatkan tegakan 4 besi di 4 sudut sebagai tiang utama dari tiang listrik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar