Selasa, 14 Mei 2013

Mampir ke Bekas Stasiun Parakan



Bekas stasiun Parakan berada di pinggiran kota Parakan, letaknya di pinggir jalan jadi sangat mudah dijumpai, info yang saya peroleh dari teman blog saya yaitu mas Hamid yang menginformasikan keberadaan bekas Stasiun Parakan ini.
Karena saya sudah terbiasa melewati jalur Parakan-Jogja saya mencoba mencari lokasi Stasiun Parakan dengan modal info yang sudah saya dapatkan. Tidak berapa lama stasiun yang saya cari akhirnya ketemu juga.
bagian depan eks. Stasiun Parakan
Penampakan stasiun ini masih cukup bagus dan kokoh, terlihat dari warna cat yang masih cukup bagus apalagi dengan warna cat yang menyolok pandangan mata. Arsitektur bangunannya juga masih terjaga keasliannya dalam artian tidak banyak perombakan.
bagian belakang
Berpindah ke sisi belakang bangunan yang tampaknya dulu sebagai ruang tunggu penumpang, di sekitarnya sekarang sudah berubah menjadi tempat tinggal penduduk. Bagian kayu penyangga atap sudah tampak tua tetapi pada bagian lantai yang terbuat dari tegel masih tampak bagus.
Yang sangat disayangkan adalah dibagian pojok kiri bangunan dijadikan tempat penampungan sampah, selain bau hal ini juga sangat mengganggu pandangan para penikmat bangunan kuno. Dirasa cukup saya pun melanjutkan perjalanan.

6 komentar:

  1. Kesan arsitektur Eropa-nya terasa banget ya...

    BalasHapus
  2. Wah, nama saya nongol disitu mas..

    Akhirnya kesampaian juga kan mas ke Eks. Sts. Parakan?

    Sekarang masih dipake kantor nggak mas? dulu saya kesana pake buat kantorr

    BalasHapus
  3. Lokasinya di Jl. AIP Mungkar Parakan. Kampung Sumbersari RW XI Kelurahan parakan Wetan

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih atas informasinya, salam

      Hapus