Jumat, 12 April 2013

Bukit Mendelem - Mirip Nglanggeran di Jogjakarta

Bukit Mendelem atau Gunung Jimat terletak di Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kab. Pemalang. Sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 1450 m yang terletak kurang lebih 42 km ke arah tenggara kota Pemalang dengan luas 3,5 Ha menyajikan pemandangan yang menawan dengan medan terjal dan batuan diorit yang menghiasi sebagian besar punggung bukit yang sangat cocok bagi pecinta panjat tebing
Bukit yang tampak bagaikan pahatan pualam dari kejauhan dan mempunyai kaki bukit yang bentuknya mirip dengan sebuah payung yang di bawahnya terdapat gua yang sering dimanfaatkan untuk menyepi atau bermeditasi.
Bukit Mendelem mengingatkan saya dengan Gunung Api Purba Nglanggeran di Gunungkidul, Yogyakarta. Perbedaannya kalau di Gunung Api Purba Nglanggeran bukitnya banyak sehingga kalau kita naik disalah satu bukit, kita bisa melihat bukit yang lain. Sedangkan di Bukit Mendelem hanya satu bukit saja.
Di sekitar bukit ini banyak ditumbuhi pohon-pohon khas perbukitan seperti pinus, pohon kayu putih , cemara dan pohon bambu pun juga ada. Memasuki kawasan Bukit Mendelem pengunjung belum dipungut retribusi alias gratis, meskipun begitu kita tetap harus menjaga kebersihan dan kesopanan agar kawasan ini tetap terjaga kelestariannya. Sayang saya datang sudah terlalu siang jadi mohon maaf jika foto-foto kurang menarik.

13 komentar:

  1. Wah.. keren mas liputannya.. Belum banyak yang tahu nih.. kapan2 kalo saya ke pemalang, ajak saya kesana dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mas, kabar2 aja kalau mau ke Pemalang

      Hapus
  2. maturnuwun infonya gan, blusukan terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. stok lama gan.maturnuwun kunjungannya

      Hapus
  3. Waduh gunung jimat ???? berarti banyak jimat2 sakti yang terpendam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe...gak tahu juga mas.tempat itu terkenal juga dengan orang2 yang suka bersemedi

      Hapus
  4. kalau dilihat2 dari foto memang sprti di nglanggeran, tapi agak lebih rendah. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali mbak, ini lebih rendah dari Nglanggeran

      Hapus
  5. beneran mirip sama Nglanggeran ya mas, cuma kyknya pohonnya lebih lebat di sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebatuannya jugalebih landai mas

      Hapus
  6. Masbro, keren liputane. mohon ijin buat artikel di web kami http://www.kabarpemalang.com. Suwun

    BalasHapus