Selasa, 01 Januari 2013

Sehari Nonton Dua Jathilan

Hari Libur Natal (25/12/12) kemarin kami (saya &istri) habiskan waktu untuk menonton kesenian jathilan. Jatilan merupakan tarian tradisional yang penarinya menggunakan kuda kepang dan dilengkapi dengan unsur magis. Tarian ini digelar dengan iringan beberapa macam alat musik gamelan seperti: kendang, saron dan gong.
Setelah mencari lokasi dan jadwal acara kami pun meluncur ke daerah Sleman, tempat pertama yang kami tuju adalah daerah Candi Winangun, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman sebelah utara SMP 3 Ngaglik. Sampai di lokasi pertunjukkan belum dimulai tetapi tidak lama akhirnya pertunjukkan dimulai, kelompok kesenian kuda lumping yang tampil adalah dari Kesenian Kuda Lumping KRIDHO MANUNGGAL.
Kesenian jathilan biasanya terdiri dari beberapa babak tergantung kelompok masing-masing, setelah babak pertama selesai biasanya istirahat dulu. Karena males nungguin babak ke dua, kami pun pindah lokasi ke pertunjukkan jathilan yang lain.
Tempatnya tidak jauh dari lokasi pertama, langsung saja kami meluncur ke arah selatan menuju daerah Taraman, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. Karena belum tahu lokasi tepatnya, langkah pertama adalah bertanyakepada orang sekitar. Kebetulan ada penjual nasi kucingdi pinggir jalan, ternyata tidak diduga ada ibu-ibu yang beli  di angkringan itu mau menuju ke tempat pertunjukkan jathilan yang kami cari.
Sampai di lokasi babak pertama sudah selesai, akhirnya kami menunggu babak kedua. Tiga puluh menit kami menunggu akhirnya babak kedua segera dimulai. Pertunjukkan babak kedua dimainkan oleh wanita dan yang tampil dari Kelompok Kesenian Kudho Mudho Prakoso. Setelah babak kedua selesai kami pun pulang, sebenernya masih ada satu babak lagi tetapi karena hari sudah sore dan istri sedang hamil jadi kami putuskan tidak melanjutkan menonton babak ke tiga.

3 komentar:

  1. wah, istrinya mas sedang hamil ya..? selamat ya.. :) semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan sampai saat kelahirannya..

    BalasHapus
  2. oya, met tahun baru juga mas :)

    BalasHapus