Minggu, 27 Januari 2013

Pabrik Gula Sumberharjo Pemalang

Hari libur kemarin tepatnya hari kamis (24/01/13) saya diajak Komunitas Fotografi Pemalang untuk berkunjung ke salah satu pabrik gula yang ada di Pemalang, Jawa Tengah. Karena kesempatan langka, jarang-jarang bisa masuk pabrik gula dengan gratis saya pun mengikuti ajakan teman-teman KFP.
Berangkat dari kota Pemalang kira-kira pukul 8 pagi menuju Pabrik Gula Sumberharjo yang tepatnya berada di Desa Banjarmulya, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang Jawa Tengah. Pabrik Gula Sumberharjo berdiri sudah sejak tahun 1912, dan dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
Setelah mengisi persyaratan yang diberikan pihak pengelola pabrik, kami pun langsung masuk lokasi pabrik, kami langsung disambut pegawai pabrik (saya lupa namanya) yang bertugas mengantar tamu-tamu yang datang berkunjung.
bagian depan bengkel
Pengenalan pertama kami langsung diajak beliau ke tempat reparasi kereta yang letaknya di depan pabrik tetapi masih di lingkungan pabrik. Di situ ada beberapa kereta yang sedang diperbaiki, di bagian depan bengkel juga ada loko yang sudah pensiun. Kata bapak yang mengantar kami loko tua ini disenangi para turis yang datang. Alasannya karena mesinnya buatan Amerika, selain buatan Amerika juga ada dari Jerman dan Jepang.
loko yang sudah dipensiunkan

label mesin buatan Amerika
Dirasa cukup kami diajak beliau masuk ke dalam pabrik, ternyata di dalam luas sekali tidak cukup sehari mengitari bagian dalam pabrik. Kami diajak keliling pabrik dari bawah sampai ke atas, pas sampai di atas itu yang bikin adrenalin naik. Kenapa?
Karena tempat kami berpijak terbuat dari lempengan baja yang sudah berumur alias berkarat dan juga berlobang disana-sini, karena belum terbiasa jadi ngeri juga.
bagian dalam pabrik gula
Jam ditangan menunjukkan pukul 11, itu tandanya waktu istirahat untuk para karyawan pabrik, akhirnya pengenalan kawasan Pabrik Gula Sumberharjo kami akhiri. Sebenernya belum puas juga kalau cuma sehari, mungkin kapan-kapan semoga bisa datang lagi ke sini.
salah satu bagian belakang bangunan pabrik gula
Galeri foto-fotonya dapat anda lihat di sini, semoga bisa dinikmati.

27 komentar:

  1. Bangunan Belanda itu sangat khas sekali ya Mas, selain batu baanya yang tebal² banguanan Belanda itu tinggi² meskipun tidak berlantai 2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciri khas bangunan Belanda, salah satunya tahan lama kang

      Hapus
  2. Wuuihh., pengalaman seru sob! Jadi kita2 bisa lihat apa aja yang ada di pabrik gula

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, pengalaman langka

      Hapus
    2. nanti kl mau jalan jalan lg bs koq saya jg pemandunya hehehe

      Hapus
    3. ia sayang sekarang loko uap bnyk di pensiunkan

      Hapus
    4. nanti kl mau jalan jalan lg bs koq saya jg pemandunya hehehe

      Hapus
  3. Wah, keren banget mas... itu lokasi dimana ya ancer2nya,. kalo kesana lagi saya mau dong diajak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari arah Pekalongan, sebelum alun-alun Pemalang ada lampu merah belok kiri-lurus sampai perempatan Sirandu lurus terus-kanan jalan ada pasar maju dikit belok kanan. Sambil tanya arah pabrik gula Sumberharjo

      Hapus
  4. 1912, berarti udah lamaaaaaaa banget, dan hebatnya masih produksi y kang, milik pemdakah atau swasta?kalau swasta siapa dia kang?

    BalasHapus
  5. Oh, iya saya pernah sampai perempatan Sirandu waktu malem2 nyari STMJ dan tau nggak, nggak ketemu seluruh Pemalang! apakah memang seperti itu?

    Okesip mas. terimakasih informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang g ada mas, gak kayak di Jogja atau Magelang. di Pemalang paling cuma wedhang jahe sama bajigur, susu jahe masih ada mas

      Hapus
  6. hei kamu fotographer? Kita jodoh dong? :3

    Anw, ini nambah informasi gue banget. Keep blogging, dude :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma tukang foto dokumentasi ko, trimakasih kunjungannya sob

      Hapus
  7. wuuiiih bangunan tua ya.. keren bgt. Aku suka tuh foto yg paling bawah, bangunan tua yg artistik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih mbak, saya juga pecinta bangunan tua dan kuno

      Hapus
  8. wow beruntungnya ke pabrik gula..keren ;)

    BalasHapus
  9. mas bisa berkunjung kesana??
    alamatnya dimana ya mas??

    BalasHapus
  10. alamatnya dimana mas??
    boleh berkunjung kesana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Sumberharjo Pemalang, Jawa Tengah
      boleh berkunjung sob, lapor dulu ke pos satpam

      Hapus
  11. Saya orang sumberharjo
    Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal untuk orang Sumberharjo

      Hapus