Kamis, 30 Mei 2013

Selametan Giling PG. Sumberharjo

Pada hari sabtu kemarin (11/05/13) Pabrik Gula Sumberharjo merayakan puncak acara selametan giling tebu tahun 2013. Acara ini baru pertama kali saya ikuti, sebelumnya pingin ngliput di Klaten tetapi belum kesampaian, akhirnya kesampaian juga di PG. Sumberharjo Pemalang.


Dalam acara tradisi giling tebu ini seperti biasa diawali dengan adanya prosesi iring-iringan penganten tebu yang dilakukan oleh sejumlah karyawan pabrik gula.Rangkaian acara berjalan cukup menarik sehingga mampu menyedot ribuan pengunjung untuk menyaksikannya. Dalam prosesi selamatan giling tebu, sebelumnya pasangan pengantin Abraham Asyam bin PS B62 sebagai pengatin pria dan Nadlatul Hasanah binti SS 57 sebagai pengantin wanita dikirab. 

Iring-iringan penganten tebu yang dibawa oleh para karyawan dan dikawal sejumlah satuan pengaman PG Sumberharjo, dari gudang gula berjalan menuju pusat kegiatan selamat giling tebu yang di lokasinya di halaman pabrik.
  
Sebagai simbol, dua pasang boneka dirias layaknya sebagai penganten beneran dengan mengenakan baju beskap dan kebaya berwana hijau pupus. Sesampainya di pusat acara, penganten tebu masuk pada acara inti prosesi giling tebu. Yaitu, dengan ditandainya penyerahan penganten tebu untuk diletakan di atas krapyak sebagai tanda dimulainya prosesi giling tebu. 
Pernyerahan penganten tebu itu dilakukan oleh pengiring penganten kepada administratur dan sejumlah kepala bagian yang ada di PG Sumberharjo, termasuk kepada para pejabat daerah yang saat itu hadir.
Dalam rangkaian acara puncak selamatan giling tebu tahun 2013, seperti biasa untuk memeriahkan jalannya rangkaian acara tersebut banyak kegiatan lomba yang digelar. Dan untuk menarik para peserta, panitia juga telah menyediakan banyak hadiah. Yang penyerahannya dilakukan pada saat pra acara selamatan. Dengan diiringi hiburan organt tungal.
Sementara kegiatan lain yang tidak kalah ramainya, selama beberapa hari menjelang akan dilaksanakanya selamatan giling, ada hiburan taman ria dan pasar malam.

14 komentar:

  1. Harus terus di lestarikan tradisi yang seoerti ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bro... patut dilestarikan bahkan perlu dikembangkan agar lebih menarik & tdk monoton

      Hapus
    2. tentunya dengan kemasan yang lebih menarik

      Hapus
  2. Kalo ke PG Sumberharjo salam buat adik saya yg kerja disitu.. Namanya Adi Setiawan asal purwokerto..tks

    BalasHapus
  3. Kalo ke sumberharjo lg titip salam yah buat adikku namanya Adi Setiawan asal Purwokerto.. Tks..

    BalasHapus
  4. sama seperti yang di pabrik pabrik gula lainnya,,
    ada acara bukak giling..
    Casino SBOBET

    BalasHapus
  5. keren! di jakarta di juni dan juli banyak juga festival dalam rangka hut jakarta. cuman sayangnya sepi pengunjung, yang rame cuman PRJ heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang-orang tertentu ya mbak yang mau ke festifal.trimakasih kunjungannya

      Hapus
    2. menarik mas. saya belum pernah liat acara ginian ini.

      Hapus
  6. aq anak lobongkok sangat ingin melestarikan budaya dr leluhur d banjarmulya,buat anak2 muda,jaga dan lestarikan budaya kampung kita,banjarmulya.ale

    BalasHapus
  7. aq anak lobongkok sangat senang sekali apabila budaya dan tradisi d kampung kita terus dilestarikan, buat anak muda,tolong jaga warisan leluhur kampung kita.
    BANJARMULYA

    BalasHapus