Jumat, 16 November 2012

Sedekah Laut di Asemdoyong, Pemalang

Lama tidak pergi hunting akhirnya bisa juga jalan-jalan santai, kebetulan hari Kamis (15/11/12) adalah tanggal merah yang merupakan tahun baru Hijriyah. Pada tanggal itu di setiap tempat pasti mempunyai tradisi-tradisi yang tiap tahunnya selalu diadakan, tidak terkecuali di daerah Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Tiap tahunnya di desa ini diadakan upacara sedekah laut atau warga sekitar pesisir menyebutnya dengan baritan.
prosesi persiapan melarung
Sedekah laut sudah berlangsung turun temurun dilakukan warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Biasanya dilakukan saat awal bulan Sura dalam penanggalan Jawa ataupun bulan Muharam dalam penanggalan hijriyah. Rangkaian prosesi sedekah laut antara lain melarung 3 kapal kecil yang berisi kepala kerbau serta jajanan lokal ke tengah
salah satu isi kapal kecil
laut, sebelum dilarung 3 kapal kecil tadi di doakan dulu oleh sesepuh desa, kemudian kapal kecil dibawa ke tepi laut untuk di naikkan ke kapal yang lebih besar. Pada saat kapal kecil akan dinaikkan ke kapal besar antusias warga sangat tinggi, mereka berusaha ikut naik
membawa kapal kecil ke tepi laut
karena mereka juga akan ikut memperebutkan isi kapal kecil yang akan dilarung. Acara sedekah laut ini baru pertama kali saya ikuti, karena tidak ada persiapan tidak banyak gambar yang saya peroleh. Teman-teman yang ikut hunting bareng saya pun ternyata juga tidak banyak mendapat gambar, padahal mereka asli warga Pemalang. Pada saat janjian
antusias warga
dengan teman pinginnya datang awal sekalian motret persiapan. Tapi namanya juga janjian dengan orang banyak, gak ada yang bisa tepat semua. Akhirnya sampai di lokasi sudah
salah satu kapal yang ikut meramaikan acara
berjubel di pinggir laut
banyak warga yang datang. Selain acara sedekah laut, digelar pula upacara ruwat bumi dengan mengadakan acara wayangan. Suasana bertambah ramai karena ada banyak stan pedagang, ya...semacam pasar malam. Semoga tahun depan bisa lebih persiapan.

22 komentar:

  1. waw.. disana kepala kerbau y mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, baru kali ini juga ngliput

      Hapus
    2. untung namaku tak ganti budhe gembul, kalo pake nama asli tar sama2 alannya, hehehee....

      btw, kalo di tempatku gitu itu namanya SEMBONYO.

      Hapus
    3. tapi yang dilabuh kepala kerbau atau bukan?

      Hapus
  2. crowded banget mas acaranya kelihatannya :D

    BalasHapus
  3. semoga hasil lautnya tahun ini melimpah yah... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin....
      agar nelayan juga senang dan selalu bersyukur

      Hapus
  4. ini merupakan slh satu tradisi yg hrs dilestarikan sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya sobat.trimakasih kunjungannya sobat

      Hapus
  5. weleh nih?
    enteleweh banget.

    bukan dijogja yak?
    ternyata di pemalang :D

    ntu acra apaan mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu acara sedekah laut kang, kalau di Pemalang menyebutnya Baritan

      Hapus
  6. Widih, pengen sekali sekali hunting event budaya, ajakin dong kapan2, saya juga di Jogja ni, hehe

    BalasHapus
  7. Mas, mohon ijin minta foto2nya untuk artikel di kabarpemalang.com, suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal tetap ada watermarknya boleh saja mas

      Hapus
  8. Minta ijin untuk menggunakan foto2nya mas buat keperluan artikel di kabarpemalang.com :) suwun

    BalasHapus
  9. Saya Bangga jadi warga desa asemdoyong masih bisa melestarikan kebudayaan leluhur kami sampai pada jaman yg serba modern sekarang ini........

    BalasHapus
  10. Saya Bangga jadi warga desa asemdoyong masih bisa melestarikan kebudayaan leluhur kami sampai pada jaman yg serba modern sekarang ini........

    BalasHapus