Jumat, 20 April 2012

Suatu Pagi di Kali Putih

Hari minggu di awal bulan April 2012 langit di atas kali Putih Muntilan begitu cerah, saya bersama istri akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan pagi di sekitar kali putih. Kali Putih berada di Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 
aktivitas penambangan pasir
Gunung Sumbing tampak dari jauh
Tahun 2010 Kali Putih sempat diterjang lahar dingin dari Gunung Merapi yang mengakibatkan pemukiman di daerah Jumojo habis diterjang material gunung berupa batu besar dan pasir.
puing rumah yang diterjang lahar dingin
jalan masuk Desa Jumoyo
Sekarang tempat ini juga bisa dijadikan wisata alternatif, karena letaknya yang berada di jalur Yogyakarta-Magelang memudahkan para pengendara yang melintas untuk mampir. Bermacam alasan para pengunjung yang datang ke Kali Putih antara lain penasaran ingin melihat secara langsung kondisi daerah yang porak poranda, akibat diterjang banjir bandang dari perut Merapi.
jembatan Kali Putih
Ramainya warga yang mengunjungi Kali Putih dimanfaatkan oleh para pedagang minuman, gantungan kunci dan VCD dadakan untuk membantu ekonomi keluarga. Pendapatan para pedagang lumayan banyak jika sedang hari libur, karena banyak yang datang baik dari kota Magelang maupun dari luar kota.
turis pun juga datang
Matahari pun sudah beranjak naik, panas pun sudah terasa di kulit akhirnya jalan-jalan pagi saya akhiri. Bagi sobat rumputilalang yang tertarik datang, silahkan berkunjung ke Kali Putih dijamin gratis.

6 komentar:

  1. Amiin, semoga suatu saat nanti bisa mbolang sampai kali putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien mbak, saya doakan semoga terlaksana

      Hapus
  2. Kunjungan silahturhmi gan,dan izin nyimak.

    BalasHapus
  3. keknya emang lbh enak kesini pas pagi2 ya.. klo siang panas bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. disarankan datang pagi mbak hawanya masih seger

      Hapus