Sabtu, 28 April 2012

Panas-Panas Mampir ke Situs Gua Siluman

papan penanda situs
Satu lagi tempat pesanggrahan yang telah saya kunjungi, yang pertama di  Situs Pesanggrahan Warung Boto dan yang ke dua Situs Pesanggrahan Gua Siluman. Gua di sini jangan anda bayangkan seperti gua alami yang di kelilingi pepohonan rimbun, tetapi gua di sini merupakan bangunan peninggalan kerajaan Mataram.
petirtaan Gua Siluman
Tidak banyak orang yang mengenal atau mengetahui Situs Pesanggrahan Gua Siluman. Orang lebih mengenal Istana Air Taman Sari dari pada Situs Pesanggrahan Gua Siluman. Tapi, di balik ketidakpopulerannya, pesanggrahan ini sebenarnya pernah berfungsi penting bagi kalangan Kraton Yogyakarta, sebagai tempat bertapa.
lorong utama
Letak Situs Pesanggrahan Gua Siluman berada di Dusun Wonocatur, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di jalan yang menghubungkan Ring Road Timur Yogyakarta dengan wilayah Berbah, Sleman. Ditandai adanya tembok tinggi setebal 75 cm di sisi selatan yang warnanya sudah mulai menghitam dan papan penanda yang tak kalah usang, bahkan tulisan yang tertera nyaris tidak terlihat jika dibaca sepintas.
lorong yng tembus di sisi kiri jalan
Situs Pesanggrahan Gua Siluman hampir sama dengan Situs Pesanggrahan Warung Boto yang membedakan tempat ini mempunyai banyak lorong yang terhubung satu dengan yang lainnya, mungkin ini yang disebut dengan gua. Saya menghitung ada 4 lorong, lorong yang berada di sisi kiri jalan merupakan gerbang utama dari situs ini. Lorong utama berada tepat di bawah jalan raya menuju Berbah. Kondisi dasar lorong tergenang air yang membuat saya mengurungkan niat untuk memasuki lorong. Pada lorong di sisi timur terdapat kolam persegi empat yang masih terisi air.
lorong berisi kolam
Pada bagian depan lorong utama atau sisi selatan terdapat dua kolam yang cukup besar, tetapi sekarang sudah beralih fungsi menjadi kolam ikan. Kata penjaga situs, kolam itu miliknya. Karena sudah ada penjaga, kondisi situs sudah terlihat bersih. Dari beberapa foto yang saya cari di internet dahulu keadannya memprihatinkan, di sekitar lorong masih banyak sampah padahal di depan sudah terpasang tulisan benda cagar budaya dan perlindungan undang-undang. Penjaga bilang kalau setiap malam Selasa atau Jumat Kliwon tempat ini ramai para peziarah yang mau ngalap berkah.
burung Beri Lanang (jantan)            burung Beri Wadon (betina)
Berkeliling ke sisi barat daya, terdapat satu buah kolam air lagi yang berbentuk lingkaran. Kolam itu dihiasi dengan arca burung Beri dengan paruhnya yang menonjol. Bentuknya sangat unik, terutama karena paruhnya sekaligus berfungsi sebagai pancuran air tetapi sekarang pancurannya sudah tidak ada. Kolam serupa juga terdapat di sebelah tenggara, namun arcanya sudah mengalami kerusakan dan air kolamnya sudah tidak bersih lagi cenderung hijau bercampur tanaman air.
Situs Gua Siluman tampak dari atas

dua kolam yang beralih fungsi
Untuk menuju lokasi situs dapat dicapai melalui jalan raya dari pertigaan Janti, Yogyakarta menuju ke arah selatan (mengikuti jalan arteri /ring road selatan) sampai di Dusa Wanacatur. Pada perempatan Jalan Gedong Kuning-Ring Road Selatan pengunjung membelok ke arah timur (jalan yang menghubungkan Kalurahan Gedong Kuning dengan Kalurahan Berbah) kurang lebih 300 meter, maka sampailah di lokasi situs Gua Siluman.

68 komentar:

  1. kenapa namanya Gua Siluman ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak lorong dan gelap jadi kayak gua mbak

      Hapus
  2. Balasan
    1. setahu saya gak mas, tapi kalau malam tertentu gak tahu

      Hapus
  3. Pasti menakutkan tempatnya. Ada hal yang terselubung di balik ke misterian tempat bersejarah itu!!

    BalasHapus
  4. wah.. ak pernah lwat tp g masuk kedalam mas..tak kira isinya uma kolam aja.. situs warung boto udah blm mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah mas, sudah saya posting juga

      Hapus
  5. wah tempat ini cocok untuk semedi sambil blogging sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok lagi kalau ditemani kamu sobat

      Hapus
  6. jogja memang istimewa...

    tp blm wisata gua

    BalasHapus
  7. ini yang bener goa siluman apa goa seluman ya?? ada yang nyebut goa seluman juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya sama mas, cuma beda penyebutan saja

      Hapus
  8. kaya'nya seru kalo Uji Nyali disitu ya Gan..
    :D

    BalasHapus
  9. Jadi pengen main ke Jogja nih, maklum dari kecil belum sempat berwisata ke Jogja, paling cuma lewat doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mampirlah mas ke jogja nanti aku guide hehehehe...

      Hapus
  10. wuiih namanya keren ya.. kek di sandiwara radio jaman dulu.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe...kesannya jadul donk mbak

      Hapus
  11. wah tempatnya indah y gan.
    Kunjungan perdana gan :)

    BalasHapus
  12. Wahh..manteb banget yah tempatnya sobat..

    Ane jadi pengen kesana...

    BalasHapus
  13. denger namanya mengerikan.
    tapi lihat foto-foto di atas sepertinya asyik buat liburan..

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
  14. Wah.. mantep bgt nih.. jd pengen berwisata ke jogja nih..,.. !! :)tp lebih mirip kyak benteng gitu ya.,.. hehe..

    Salam kenal sahabat...! :)
    Happy Blogging ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mampir ke jogja sob, banyak pilihan tempat wisata

      Hapus
  15. Waah, liat gmbarnya aja keren apalagi kesana sobat.hehehe.

    Kunjungan perdana nih. Kunjung balik ya.

    BalasHapus
  16. Kayaknya asyik tuh masuk ke sana. Liat gmbr nya aja keren.

    Kunjungan perdana sobat. Kunjung balik ya.

    BalasHapus
  17. Kunjung pagi silaturahmi ke blog sahabat.

    BalasHapus
  18. Wahh, pemandangannya mantep banget sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap lagi kalau sudah merasakan di dalamnya sobat

      Hapus
  19. saya jadi pengen nih berkunjung kesana, kayaknya asik banget tempatnya. Dan juga bisa menambah ilmu pengetahuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. datang aja mas, pas hari selasa atau jumat kliwon lebih asyik

      Hapus
  20. suasana tempatx sdh sesuai dgn namax 'Gua siluman'..., mgkn sebaix jgn jalan2 sendiri kali ya hehe., thx infox yaa *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kaku aja sob hahahahaha....

      Hapus
  21. CARA GAMPANG : Wah mantap, saya suka ini .... thanks for coming to my site.

    BalasHapus
  22. Aku asli Bantul tapi belum pernah sekalipun berkunjung ke Gua Siluman. ya ampun, memalukan deh :(
    Sepertinya menyeramkan ya, Mas, suasananya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan berkunjung, tidak seseram namanya ko sobat

      Hapus
  23. jalan gedong kuning dan ring road sdh familiar, tapi kalau situs gua siluman, baru kali ini saya tahu. Teman2 yg di jogya juga gak ada yg cerita sebelumnya. PPerlu ada buku guide tujuan wisata neh kalau ke jogya lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ini masuknya wisata minat khusus mbak,karena bukan tempat yang indah seperti yang dibayangkan

      Hapus
  24. haduhhh,serem sob,semoga saja tempatnya tidak seseram namanya.

    BalasHapus
  25. Walah, ada ginian tho di Bantul? Kenapa baru crita sekarang? Hehe! Hmm, jd pengen ke sono, wisata minat khusus "perburuan masa lalu" :-)

    BalasHapus
  26. baru denger ada gua siluman di jogja
    (hadeehh...kemana aja gw pas tinggal di jogja yach?) wkwkwkwk

    BalasHapus
  27. gua itu dulunya pasti di tempati oleh manusia gua kali ya...:o)
    blog bagus wajib di follow, no cantik 234, folbek bila berkenan.
    salam sehat selalu

    BalasHapus
  28. Ini Jogja nggak ada abisnya ya buat dijelajahi...
    *mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan menjelajah keasrian jogja

      Hapus
  29. wah keren bgt tempat nya....
    jadi pengen kesana sambil foto...^_^

    BalasHapus
  30. ijin follow blog nya #237, di tunggu follback nya sob...^_^

    BalasHapus
  31. salam kenal

    ditunggu followbacknya

    BalasHapus
  32. wah lama tidak posting artikel baru mas
    ditunggu postingan tempat menarik lainnya :)

    BalasHapus
  33. Keren yah.. tapi kenapa kurang populer yah.
    catet nih, kapan2 klo ke bantul main ke sini

    BalasHapus
  34. wah keren.
    tapi kog kurang populer yah..
    musti dicatet nih, kapan2 klo ke bantul harus kemari

    BalasHapus
  35. kita saling kenal nggak sih???
    hehehe

    BalasHapus
  36. kok komen q nggak muncul ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. muncul ko sob, di postingan yang lain

      Hapus