Kamis, 05 Mei 2011

Sego Abang Lombok Ijo

Salah satu menu makanan khas daerah Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta adalah sego abang dalam bahasa Indonesia yang artinya sego(nasi), sedangkan abang(merah).Menu khas ini hanya bisa di jumpai di daerah Wonosari, di daerah lain ada tetapi sayur yang di sajikan berbeda. Salah satu warung yang menyajikan sego abang ini adalah warung di dekat Rest Area Bunder, tepatnya di wilayah Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul 30 kilometer dari kota Yogyakarta.
letaknya di sebelah kanan rest area bunder
Menu yang ada di warung ini hanya sego abang dan sayur lombok ijo(cabe hijau), isi dari sayur ini berupa cabe hijau yang di iris melintang panjang-panjang dan juga ada potongan tempe yang di padu dengan kuah santan yang kental. Tempe yang di gunakan berasal dari proses pembuatan tempe tradisional, yaitu tempe yang dibungkus dengan daun pisang.
salah satu menu yang ditawarkan
Tersedia juga beragam lauk yang disediakan di warung ini, antara lain bothok(parutan kelapa muda yang di campur ikan teri, kemudian di bungkus daun pisang lalu dikukus), ada juga baceman ayam, tahu tempa, dan juga ikan wader.Untuk minuman tersedia teh panas atau dingin, dan juga jeruk panas atau dingin. Pokoknya jika anda melewati jalan Jogja-Wonosari patut mampir ke warung ini.
Monggo silahkan dicoba pedasnya lombok ijonya....

4 komentar:

  1. suasana desa yang tenang dan nyaman sambil makan sego abang lauknya lombok ijo, nyam nyam nyam enak mantap

    BalasHapus
  2. wah sepertinya enak :D

    dan kaya akan gizi pastinya ya :D

    _______

    iklan baris gratis di blog saya :)

    BalasHapus