Senin, 30 Mei 2011

Memacu Adrenalin di Goa Langse

Sebagai ilustrasi awal goa langse ini dikenal sebagai tempat semadi atau "nenepi", jaraknya sekitar 30 kilometer arah selatan Kota Yogyakarta. Setiap hari, selalu ada orang yang mendatangi tempat ini, dengan maksud memanjatkan doa agar memperoleh keberhasilan dan kesejahteraan dalam hidupnya. Pada saat tertentu seperti malam Selasa dan Jumat Kliwon, pengunjung Goa Langse lebih banyak lagi jumlahnya, rata-rata mencapai 30 orang.

Tetapi jangan salah sob, kedatangan saya ke goa ini tidak untuk nenepi atau ngalap berkah tetapi hanya ingin berburu foto alam. Goa Langse termasuk dalam wilayah administratif Desa Girirejo, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta. Di bawah ini beberapa foto perjalanan saya menuju goa.
Demi keamanan dan keselamatan pengunjung, laporan terus isi buku tamu dan bayar tiket seiklasnya di pos jaga.
Untuk menuruni tebing goa, hanya tersedia tangga kecil dari bambu. Awalnya ngeri juga tapi setelah merasakan tetep ngeri juga hehehe...bahkan ada juga tangga besi tapi sudah karatan karena terkena air laut.
Adrenalin tambah naik ketika melewati tebing yang di depannya langsung menghadap ke laut, tinggi tebing kurang lebih 400m yang nyaris tegak lurus, dan hanya bisa dilewati satu orang. Jadi kalau dari dua arah  harus gantian.
Jalan menuju goa lumayan lebar di banding jalan sebelumnya, mulut goa juga sudah terlihat.
Kondisi goa bagian depan, lembab tetapi tidak terlalu gelap karena mulut goa cukup besar, jadi memungkinkan cahaya matahari masuk.
Yang membuat puas perjalanan ini adalah pemandangan di depan goa, laut lepas dan hijaunya daun kelapa. Dari jauh juga tampak pendopo, tempat beristirahat para pelaku spiritual.

9 komentar:

  1. wew... serem gan tebingnya..
    memacu adrenalin :)

    BalasHapus
  2. waduuh..mau ke sananya perjuangan banget ya?
    lagian tempat semedi koq mbayar..hehehe..

    nice pictures, mas.. :-)

    BalasHapus
  3. Sobat, ada Award dari sobat,,mohon diterima ya,,,jangan dibuang,,liat di blogku.

    BalasHapus
  4. @Ay
    bener-bener memacu adrenalin sob

    BalasHapus
  5. harus kesana nih, menarik banget

    BalasHapus