Sabtu, 28 April 2012

Pangkas Rambut Pinggiran

Namanya Pak Rustam tapi biasa di panggil  Pak Atam.
saatnya bekerja
Beliau berprofesi sebagai tukang pangkas rambut pinggiran atau tukang cukur bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Beliau biasa menempati di jalan RE. Martadinata Pemalang, Jawa Tengah. Memulai usaha jasa potong rambut dari tahun 1968.
dari balik kaca
Kalau pagi hari menempati trotoar di sisi timur jalan, jam kerjanya dari pukul 8 pagi sampai pukul12 siang. Akan dilanjutkan lagi pukul 1 siang, tetapi posisinya berada di sisi barat jalan. Mengapa berpindah?
Karena di tempat bekerja beliau tidak ada penutupnya, mending kalau di bawah pohon besar bisa teduh maka mau tidak mau beliaau harus berpindah di sisi barat  jalan yang ada tembok tinggi agar tidak terkena teriknya sinar matahari.
peralatan pangkas rambut
Karena penasaran saya pun mencoba untuk merasakan dipotong rambut oleh pak Atam. Setelah menunggu satu orang yang dipotong akhirnya gilirang saya. Sambil memotong rambut saya dari pada diem saja saya mencoba akrab hehehehe....saya tanya pengalaman beliau. Kemudian beliau bercerita, menjalani profesi sebagai tukang pangkas rambut sudah sejak remaja, dulu tempat beliau bekerja sebelum di jalan RE. Martadinta berada di dekat alun-alun Pemalang.
memulai jasa sejak 1968
Banyak kisah yang beliau ceritakan mulai dari jaman pemberontakan PKI sampai pemilihan Bupati Pemalang dari periode dahulu sampai sekarang beliau masih ingat. Dari pemerintahan Presiden Soeharto sampai pemerinthan Presiden SBY beliau juga bisa menceritakannya.
gunting cukur
Jangan anggap remeh rakyat kecil, meskipun beliau dari kalangan bawah tapi pengetahuan beliau cukup luas karena beliau biasa baca koran setiap hari. Akhirnya rambut saya pun selesai dipotong, ongkosnya Rp 6000 rupiah, meskipun hasilnya tidak sesuai harapan tetapi tidak apalah mungkin karena asyik ngobrolnya jadi gak konsen motongnya.
mencukur langganan
Sebenarnya banyak sekali tukang cukur seperti Pak Atam di daerah Pemalang, seperti di daerah Pasar Pagi tidak cuma satu tetapi ada beberapa tukang cukur yang berderet memanjang ke samping tetapi usia mereka rata-rata masih muda. Tetapi entah mengapa saya tertarik aja dengan sosok beliau yang tua dengan peralatan yang tak kalah tua juga. Itulah sedikit cerita dari sesama masyarakat dari lapisan bawah, banyak sekali pesan moral yang saya dapt dari beliau. 

11 komentar:

  1. jadi inget di kampung halaman saya dulu banyak profesi tukang cukur yang biasa buka lapak di bawah pohon trembesi, tp sekarang sudah hilang entah ke mana ditelan zaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jogja kayknya masih ada, kapan-kapan saya liput
      semoga masih ada

      Hapus
  2. Nah kalau trdisi di rumah saya, Bapak lah yg mencukur rambut anak-anaknya. Giliran sdh pd besar, anak-anaknya yg ganti mencukur rambut Bapak...hehehehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kalau gitu mbak, waktu kecil bapak juga yang sering memotong rambut anak-anaknya

      Hapus
    2. tradisi yang bagus
      untuk mengakrabkan hubungan keluarga
      saya baru tau nih,,,,

      Hapus
  3. kalo di Jakarta udah susah cari tukang cukur bawah pohon gini, apalagi di daerahku. biasanya mereka buka kios kecil nyewa gitu.

    tahun 68 mah aku belum lahir ya :D beliau malah udah melalangbuana..
    semoga sehat selalu pak atam..

    nice pictures mas.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak
      perkembangan jaman membuat orang-orang seperti pak Atam terpinggirkan dari kehidupan kota yang semakin praktis

      Hapus
  4. sampe sekarang saya lebih suka cukur di DPR(Dibawah Pohon Rindang)..lebih merakyat, sambil bagi rezeki dengan bapak mamang cukur yang biasanya sudah mulai renta...:o)
    salam hangat dari kampung kang.

    BalasHapus
  5. salut dengan pak Atam sampai sekarang masih eksis..
    jadi ingat tahun 1997, bonceng sepeda tua bapak nganterin ade potong rambut di tempat pak Atam..

    BalasHapus