Sabtu, 10 Maret 2012

Tersesat di Borobudur Nirwana Sunrise

Diawali dari jalan-jalan pagi saya bersama istri di areal luar Candi Borobudur yang kebetulan kami berdua sedang libur. Saya mencoba mengabadikan Candi Borobudur meskipun hanya tampak ujungnya saja karena bagian bawahnya tertutupi hijau tumbuhan.
diabadikan dari sisi selatan
Setelah puas mengabadikan, kami pun mencoba mencari angle atau sudut lain. Dengan kecepatan sedang saya arahkan sepeda motor ke arah barat, tiba-tiba saya dikejutkan dengan papan berwarna hijau bertuliskan Punthuk Stumbu sayang tidak sempat saya abadikan. Orang-orang di sekitar Candi Borobudur menyebutnya dengan Borobudur Nirwana Sunrise.
papan penanda
Tempat yang selama ini saya cari-cari ketemu dengan ketidaksengajaan, Tuhan memang adil memberikan kemudahan bagi umatnya yang mau berusaha. Bukit Stumbu berada di Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah sekitar 2,5 km sebelah barat daya Candi Borobudur.

medan menuju Bukit Stumbu

samar-samar tampak Candi Borobudur
Bukit Stumbu merupakan salah satu tempat wisata yang digemari oleh para wisatawan terlebih para penghobi fotografi. Keistimewaan Bukit Stumbu adalah pengunjung dapat melihat sunrise atau matahari terbit, di sini kita juga dapat melihat pemandangan Candi Borobudur dan gradasi pepohonan yang masih diselimuti kabut pagi dari puncak bukit. Sayang saya sampai Bukit Stumbu sudah siang itupun karena tersesat, tetapi tidak mengapa ini saya anggap sebagai survei lokasi.
dilengkapi gardu pandang dan gazebo
perbukitan di sekitar Bukit Stumbu
Untuk menuju Bukit Stumbu mudah saja, dari Yogyakarta menuju arah Candi Borobudur, dari pertigaan gerbang Candi Borobudur ambil arah kiri lurus sampai melewati Hotel Manohara lurus ada pertigaan ambil kanan. Ikuti saja papan penunjuk jalur menuju Punthuk Stumbu.
hamparan persawahan yang luas
Pemandangan di atas bukit yang sangat mempesona sangat cocok dimanfaatkan untuk mengisi liburan bersama keluarga, sahabat, dan teman. Selain itu, bagi anda pecinta sunrise tempat ini layak anda kunjungi krena daya tariknya tidak saja mengundang kekaguman fotografer dari dalam negeri tetapi juga fotografer dari luar negeri. 

32 komentar:

  1. Pas lagi buka postingan ini koneksi lemot jd foto2nya gak muncul...oia, saya baru tahu ada Bukit Stumbu di dekat borobudur lho?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang sekali gak bisa menikmati fotonya mbak

      Hapus
  2. wah, pemandangannya keren euy..
    besok ajak akangku main ke sana ah kalo dah sehat :)

    makasih untuk foto dan artikelnya, mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. main aja mbak dijamin gak akan kecewa datang ke tempat ini

      Hapus
  3. datanng lagi untuk melihat foto-fotonya...berrati justru ngambil fotonya jauh dr Borobudur ya...Semoga suatu saat bisa melihat borobudur dr sudut situmbu juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya datang oagi sekalian bisa melihat sunrise mbak

      Hapus
  4. Tersesat tapi tetap asik ya gan.??hehehe

    BalasHapus
  5. pemandangan yg sedap untuk di pandang mata...

    BalasHapus
  6. wah keren bgt! dah lama aku pengen kesana.. tp blm sempet.. Ntar klo plg kampung hrs kesini.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sekarang tinggal di mana mbak?

      Hapus
  7. ayo mas kapan2 kita kesini brg.. udah kesini dua kali kabutnya terlalu tebal g dpt sunrisenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mas...nunggu cuaca cerah ya?aku malah belum dapat sunrisenya

      Hapus
  8. luar biasa pemandanganx sob.., jd penasaran ni pengen lihat langsung...., nice post & happy blogging *smile

    mf ya baru sempat mampir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa sobat yang penting selalu sehat

      Hapus
  9. waow...ini tempat y temen2 motret itu yah...yg kliatan gradasi kabutnya...wah info yg berguna sekali mas...Insya Allah bulan depan maen2 kesitu ahhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget om, saya juga belum dapat sunrisenya

      Hapus
  10. candi borobudur memang indah gan
    Pernah sekali kesana hingga saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. warisan nusantara yang tidak ada duanya

      Hapus
  11. pemandangan lewat situmbu memang bagus mas..hehe
    pengen kesana..nunggu musim kemarau..hehe

    btw menjawab komen di blog saya: maaf tidak menyediakan kolom tukeran link mas ..hehe :D

    BalasHapus
  12. wah pemandangan yang lar biasa menawan bang, ternyata di jogja ada tempat seindah itu ya, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita manusia sepatutnya menjaga dan melestarikan alam ini

      Hapus
  13. melihat dari fotonya, sepertinya lokasinya masih orisinil ya, apalagi kondisi jalan menuju lokasi yang masih tanah ber-trap bambu..entah bagaimana kondisinya kalau musim hujan.
    Padahal fasilitas gardu pandang dan gazebo cukup bagus untuk penikmat pemandangan indah :)
    suatu saat saya berharap bisa mampir ke tempat ini menikmati indahnya alam ciptaan-NYA :)
    trimakasih kawan sudah berbagi info :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dijaga agar tetap alami mas.semoga bisa tercapai datang ke tempat ini mas

      Hapus
  14. pemandangannya indah,,,
    pas buat wisata keluarga,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok mas, medannya juga gak susah

      Hapus
  15. Tersesatnya asik ya mas, bisa dapet pemandangan seindah ini :)

    Salam kenal mas (>o<)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik banget sobat, gak nyangka bisa sampai sini

      Hapus
  16. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
    karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    BalasHapus
  17. Saya mau kesana mas besok tanggal 28 pagi pagi. :)

    BalasHapus