Sabtu, 28 Januari 2012

Menikmati Karya Seni di Biennale Jogja XI 2011

Bagi sobat rumputilalang yang suka akan seni pasti tidak akan menyia-nyiakan suatu pameran seni, begitu pun dengan saya yang suka sekali dengan hal-hal yang berbau sedap seni terutama pameran seni, baik seni rupa maupun seni musik. Maka pada hari sabtu (31/12/11) saya berkesempatan mengunjungi pameran seni Biennale Jogja XI 2011 di Taman Budaya, Jl. Sri Wedani no. 1, Yogyakarta.
Sekilas Tentang Biennale Jogja XI/ Equator #1
Biennale Jogja adalah event dua tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 1988 dan kini telah mencapai usianya yang ke 22. Sebagai salah satu event seni rupa yang cukup bergengsi, Biennale Jogja telah menjadi acuan dalam perkembangan seni rupa di Indonesia. Pada Biennale Jogja XI kali ini, Yayasan Biennale Yogyakarta berfokus pada usaha untuk mengorganisir Biennale yang berskala internasional untuk membangun dialog, kerjasama dan kemitraan antar bangsa (sumber: biennalejogja.org).
Pada pameran Biennale Jogja XI 2011 kali ini diikuti oleh 40 seniman Indonesia dan India dengan fokus tema Religiusitas, Spiritualitas dan Kepercayaan. Empat puluh seniman, 25 dari Indonesia dan 15 dari India akan mempresentasikan karya-karya yang kontekstual dan merepresentasikan situasi sosial terkini yang melingkupi ruang hidup mereka. Mereka akan menampilkan karya-karya secara individual, kelompok, maupun proyek-proyek seni komunitas.
Selain di Taman Budaya Yogyakarta pameran juga di selenggarakan di Jogja National Museum, Jl. Gampingan no. 1, Yogyakarta. Tapi kata teman saya yang sudah terlebih dahulu melihat pameran, bagus yang di Taman Budaya. Karena suasana sudah mulai ramai pengunjung akhirnya saya pun mengakhiri kunjungan. 

22 komentar:

  1. Weh anyar ta itu jogja national museum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulunya kampus ISI yang di Gampingan mbak

      Hapus
  2. apik-apik ya mas.. aku kok blm pernah ke pameran seni kek gini ya.. pdhl aku ngakunya penggemar seni.. hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus sering-sering lihat agenda pameran mbak

      Hapus
  3. luarbiasa..jogya memang salah satu satu gudang pusat seni Indonesia yang patut dibanggakan :-)

    BalasHapus
  4. @BlogS of Hariyanto: Mampir ke Jogja mas

    BalasHapus
  5. pasti kreasinya bagus2 ya, ISI memang gudangnya...

    BalasHapus
  6. Follow sukses. di tunggu followbacknya

    BalasHapus
  7. keren deh mas.. asli..!
    maaf ya lama ga mampir, aku lagi sakit :)
    makanya nulis juga jarang...

    btw, profile mas ditutup ya?
    aku sampe bingung mo nyari alamat blognya..

    semoga dalam keadaan sehat selalu ya mas rumput :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cepat sembuh ya mbak
      makasih infonya, kalau gak di kasih tahu belum aku benerin profilnya

      Hapus
  8. Aku hidup di Jogja, tapi sekalipun aku belum pernah ke pameran seni di Jogja. Aduh... payah tenan aku ki, hehe
    Tapi memang sih, aku lebih suka ke pameran buku, soalnya hobiku lebih condong ke baca, walaupun aku juga suka mengamati gambar-gambar nyentrik
    follow sukses, sobat!

    BalasHapus
  9. lho anak jogja juga tho?
    memang setiap orang punya minat sendiri-sendiri, thanks sudah mampir ya sobat

    BalasHapus
  10. mas...kapan ke wonogiri?

    ke museum kars udah pernah belon...tak tunggu mas..hehehe:p

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sudah pernah ke sana mas.kalau ke Wonogiri sekalian ke Pacitan aja mas, jelajah pantainya.

      Hapus
  11. Saleum,
    Di Aceh jarang ada pameran begini, paling sering pameran elektronik

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali-sekali diadain juga donk om pameran seni dan budaya

      Hapus
  12. dilihat dari foto2 agan, hasil karya seni yang memukau,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih sudah mampir berkomentar sobat

      Hapus