Selasa, 13 Desember 2011

Kali Gendol Pasca Erupsi Merapi 2010

Hari minggu kemarin (11/12/11) saya berkesempatan berkunjung ke kawasan Kali Gendol,  Yogyakarta, tepatnya di lokasi cek dam atau tanggul penghambat yang berada di desa Tambakan Morangan, Kelurahan Sindumartani, Ngemplak, Sleman. Kali Gendol adalah salah satu sungai yang berhulu di Gunung Merapi yang menjadi luncuran utama awan panas dan lahar dingin. Alur kali sedalam sekitar 3-4 meter dengan lebar sekitar 60 meter kini tertutup atau dipenuhi material vulkanik. Pagi-pagi berangkat dari Yogyakarta berharap dapat awan cerah, tetapi sampai di lokasi Gunung Merapi sedang malu untuk di abadikan karena tertutup awan yang turun pagi itu. Akhirnya saya hanya mengabadikan aktivitas para penambang pasir, di bawah ini beberapa foto yang berhasil saya abadikan.






37 komentar:

  1. kelihatan tandus ya...,agak menyeramkan tampakx...

    BalasHapus
  2. kondisinya masih menyeramkan ga sob? masih banyak batu-batu besarkah di sana?

    BalasHapus
  3. lama banget ga ke Jogja..
    pengen liat sisa-sisa lahar dingin di sana deh..

    :) nice picture mas..

    BalasHapus
  4. @Rohis Facebookiya mas, masih kelihatan sisa-sisa keganasan awan panas merapi

    BalasHapus
  5. @Andika Hermawantidak begitu menyeramkan mas. kalau batu-batu besar masih banyak mas

    BalasHapus
  6. @Ay Ayayuk ke Jogja aja Ay, nanti aku anter

    BalasHapus
  7. Aihh baru denger Pak ada gunung punya rasa MALU...
    bagus sekali cara menyamarkan bahsanya..
    salam kenal..

    BalasHapus
  8. Semoga beberapa tahun lagi menjadi tanah yang subur...

    BalasHapus
  9. @untuk semuaAmien mas, smoga dapat bermanfaat untuk orang banyak

    BalasHapus
  10. wah gambarnya bagus-bagus ya... saya jadi pengen juga belajar lebih banyak lagi....

    doain ya semoga bisa punya kamera DSLR... he he he

    BalasHapus
  11. kekuatan alam mas bro....
    semoga merapi tak marah lagi ya mas bro.... :)

    BalasHapus
  12. wahhhh,,awannya terlihat sangat biru sekali gan,,cerah,,

    BalasHapus
  13. foto indah yang mengandung sejuta cerita :-)

    BalasHapus
  14. Uwik...jadi daratan nggih...

    BalasHapus
  15. walopun malu2 tp awannya bagus loh.. keren deh fotonya :)

    BalasHapus
  16. wah bisa cpet banjir la'an klo musim ujan ---"

    BalasHapus
  17. Ayo Update foto² yang terbaruuu,,,sudah kangen mau lihat hasi jepretannya nih...

    BalasHapus
  18. semoga semua materi yg dimuntahkan merapi kemarin makin menambah kesuburan tanah

    BalasHapus
  19. @ria hayadan tentunya dapat bermanfaat untuk orang banyak mbak

    BalasHapus
  20. @Sofyankesibukan rutinitas jadi belum bisa posting mas

    BalasHapus
  21. Mas Bro Rumput Ilalang, mau tanya Tempat mblusukan (wisata alam) di Jogja yang keren tapi keindahannya msh "tersembunyi", msh sepi alias ndak banyak orang...dimana aja ya? Rencana mo ke Jogja, tapi wis bosen dg Malioboro, Kraton, Prambanan & Borobudur. Mohon info & rekomendasinya, matur nuwun sebelumnya :-)

    BalasHapus
  22. @Lena ViyantimalaDaerah Kulon Progo sebenarnya juga banyak tempat2 eksotisnya mbak.ada kebun teh dan air terjun

    BalasHapus
  23. Udah nggak ada pepohonan ya... Sepi dan tandus kesannya....

    BalasHapus
  24. dulunya sebelum kali gendol belum kena awan panas ke adanya seperti apa ya sob :), nice post

    BalasHapus
  25. wah wah kenangan masa lalu, awan panas paling selatan ya sampai di cek dam morangan tsb...hiii...

    BalasHapus