Minggu, 03 Maret 2013

Jembatan Gantung Srowol, Kecamatan Mungkid

Menambah satu lagi koleksi jembatan gantung, jembatan gantung kali ini berada di Srowol, Progowati, Kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.
Sudah lama pingin motret jembatan gantung ini, tapi baru kesampaian hari minggu (24/02/13) kemarin. Perjalanan pulang dari Muntilan ke Jogja sengaja lewat jalur Ngluar-Kalibawang Kulonprogo agar bisa mampir motret jembatan gantung Srowol.
 - Rute yang bisa dilalui kalau dari Pasar Muntilan, setelah pasar Muntilan di kiri jalan kalau   dari arah Jogja ada papan penunjuk ke arah Sendangsono,ambil arah ke kiri.
 - Ikuti jalan lurus yang lumayan jauh sampai mentok pertigaan, di sana sudah ada papan penunjuk arah. Kalau ke kiri Kalibawang sedangkan ke kanan arah Borobudur.
 - Ambil jalur ke arah kanan dan ikuti jalan tersebut, jembatan gantung beradadi jalur tersebut.
Jembatan gantung Srowol diresmikan pada tahun 2012 oleh Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, jembatan ini menggantikan jembatan lama yang diterjang lahar dingin Merapi. Panjang jembatan 120 meter, dan lebar 3 meter dan hanya cukup dilewati oleh satu kendaraan roda empat sedangkan truk dan kendaraan besar lainnya dilarang melalui jembatan ini. Kendaran bermotor dan sepeda ontel tentunya boleh lewat.
Rencana mau ambil angle dari tengah jembatan, tetapi karena saat itu jembatan gantung sedang ramai kendaraan yang akan melintas akhirnya saya batalkan. Di saat hari tertentu jembatan gantung Srowol padat dengan kendaraan yang akan mengantri, seperti pada saat Lebaran tahun kemarin karena jembatan gantung ini juga menjadi jalur alternatif Jogja-Magelang. Maka untuk mengurangi beban berlebih diberlakukan sistem buka tutup.

16 komentar:

  1. pa mentri PU :kalau jadi jalur alternatif, sudah selayaknya disampingnya mulai dibangun lagi jembatan yang lebih besar dong, lagian masa seh,jalur penting seperti itu jembatannya ngga muat mobil,kaya jaman penjajahan sajah....ayo pak mentri tak tunggu blusukannyah...;o(

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kang, pejabat sekarang harus blusukan

      Hapus
  2. Mudah2an jembatan ini awet sebagai penjungan penghubung masyarakat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang orang kita hanya bisa membangun tapi tak bisa merawat hehehe

      Hapus
  3. Wah dadi pingin lewat sana cah.... hehehe

    BalasHapus
  4. Wah keren jembatan gantungnya ya...

    BalasHapus
  5. semoga bermanfaat jembatannya untuk warga sekitar

    Mampir kesini ya, salam kenal Peta Indonesia Karya Anak Negeri

    BalasHapus
  6. keren nii jembatan gantungnya.. kapan saiia bisa ada di situ langsung iia?!?! :(

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
  7. ini yg mau ke arah ketep pas y mas??

    BalasHapus