Jumat, 03 Juni 2011

Bangunan Segi Empat Itu Bernama Panggung Krapyak

Setelah puas motret di sekitar Plengkung Gading, saya lanjutkan perjalanan ke arah selatan, yaitu menuju ke tempat yang namanya Panggung Krapyak. Bangunan ini bebentuk segi empat dengan luas 17,6m x 15m. Dinding bangunan ini terbuat dari semen cor dan disusun ke atas setinggi 10 m. Karena sudah lama tidak diperbaharui, lama kelamaan cat yang menempel menjadi pudar.
Dari informasi yang saya baca, didaerah ini dulunya adalah sebuah hutan, namanya adalah hutan Krapyak. Panggung Krapyak merupakan petunjuk sejarah bahwa wilayah Krapyak pernah dijadikan sebagai area berburu.
Arsitektur bangunan panggung ini cukup unik. Setiap sisi bangunan memiliki sebuah pintu dan dua buah jendela. Pintu dan jendela itu hanya berupa sebuah lubang, tanpa penutup. Bagian bawah pintu dan jendela berbentuk persegi tetapi bagian atasnya melengkung, seperti rancangan pintu dan jendela di masjid-masijd. Lebih lengkap bisa di baca di sini.

6 komentar:

  1. @Agriculture Product
    kalau jaman dulu, dipakai buat berburu raja-raja sob, juga sebagai pos pertahanan

    BalasHapus
  2. astaga.. jadi ini tho yang namanya panggung krapyak? dulu saya beberapa kali lewat sini karena nyasar.. walah baru tau kalo ini panggung krapyak setelah membaca postingan ini.. thanks ya..

    BalasHapus
  3. @Tri Setyo Wijanarko
    kapan-kapan lewat lagi ya sob...
    biar gak nyasar lagi hehehehe....

    BalasHapus
  4. lingkungannya bersih juga sob, rame wisatawan yak disini ?

    BalasHapus
  5. @myone1waybersih karena dekat dengan pemukinan sob. kalau wisatawan gak terlalu rame, tp rame karena letaknya di persimpangan jalan

    BalasHapus