Kamis, 02 Juni 2011

Selamat Pagi Plengkung Gading

Plengkung Gading. Tempat ini sering saya lalui jika saya pergi atau pulang ke rumah, tetapi malah belum pernah saya abadikan. Maka pada hari minggu kemarin, saya jalan-jalan pagi ke Plengkung Gading. Untuk mendapatkan cahaya lembut saya sengaja berangkat pagi hari, dan ternyata langit juga mendukung.
Plengkung Gading bisa disebut juga sebagai gapura atau pintu masuk menuju njeron (dalam.red) benteng Keraton. Di Yogyakarta ada lima buah plengkung (gapura.red) salah satunya Plengkung Gading atau dulu disebut Plengkung Nirbaya.
Letak Plengkung Gading berada di sebelah selatan dari alun-alun selatan Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Sempat ketemu cewek-cewek yang lagi narsis dengan latar belakang Plengkung Gading.
Plengkung Gading adalah salah satu spot yang bagus untuk berfoto apalagi jika malam hari, ditemani hangatnya lampu-lampu kota yang membawa kita bernostalgia ke masa lalu.
Di bagian atas Plengkung Gading jika malam hari ramai dikunjungi muda-mudi terlebih jika malam minggu tambah ramai. Sayang sekali di bagian temboknya di kotori oleh aksi vandalis yang tidak bertanggung jawab.
Bagiang ini disebut pojok plengkung, atau sudut dari Plengkung Gading bagian belakang. Semoga foto-fotonya bisa dinikmati............

10 komentar:

  1. SALAM PERSAHABATAN BOSS!!!
    Waah...Sungguh Indah BGT tuh Plengkungnya, Apalagi kalo NARSISMANIA disitu,,,Wuiih Kereeen!!!
    ..,jadi Pengen Liat Langsung kesana neh,,,,Jujur Ayas emang Belum Pernah ke Jogja Boss...Hwehehe.
    Benar2 Warisan Bangsa yang menakjubkan...makanya harus Kita Rawat dgn Baik & Jangan diKotori sperti itu...Betul Gak Boss!!!

    SALAM SUKSES Boss...
    Oya...BANNER LINK Anda Telah SUKSES terpasang di BLOG Ayas....Mohon untuk di CEK BOSS!!
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  2. @bagi bagio
    OK sob akan segera saya jemput bannernya

    BalasHapus
  3. Waaah indahnya. . . . Dl pernah ke kraton yogja tp kok ndak liat yg ini ya? Xixixi
    Peninggalan nenek moyang yg bs jd sumber devisa negara pastinya :)

    BalasHapus
  4. indah bnget..bisa dikatakan jalan knangan..tpi emang bgus sih klau ambil foto hehe..oya apa tdk ad pihak yg menjaga tmpt i2 dri para tngan jahil mas..

    BalasHapus
  5. gambar nomor 3 keren mas...!
    sedang apa nih?

    BalasHapus
  6. kayak masjid ini gan benarkah
    atau tempat wisata kah

    BalasHapus
  7. @Tarry KittyHolic
    ada ko...sebelum masuk alun2 selatan pasti ketemu bangunan ini

    BalasHapus
  8. @SOFYAN ada tapi tidak secara khusus sob

    BalasHapus
  9. @Obat Sakit 2011 bukan masjid sob, tapi gapura atau pintu masuk menuju keraton

    BalasHapus
  10. @Aymakasih Ay....
    ni lagi nungguin kamu bawa kopi

    BalasHapus