Kamis, 21 Februari 2013

Gereja GPIB Magelang - Salah Satu Bangunan Pusaka di Magelang

Tidak jauh dari Alun-alun Kota Magelang terdapat bangunan dengan arsitektur bergaya Gothic, tepatnya di sisi utara alun-alun yaitu jalan Alun-alun Utara no. 4 Magelang. Sebenarnya sudah lama saya pingin mampir ke gereja ini, tetapi karena keterbatasan waktu cuma lewat saja. Maka pada kesempatan ini (24/08/12) akhirnya saya bisa mampir juga untuk mengabadikan kemegahan gereja tersebut.
Kebetulan gerbang gereja terbuka, saya pun mencoba masuk. Dengan niat baik saya pun masuk halaman depan gereja dan mencoba mengambil beberapa gambar.
Bangunan seluas 291 m2, di atas tanah 2312 m2, dengan tinggi 15 m, ini berdiri pada tahun 1817. Bangunan bergaya arsitektur Gothic, ini sejak semula hingga kini berfungsi sebagai gereja Kristen (GPIB). Kondisi bangunan baik dan terawat, tidak banyak perubahan atau penambahan bangunan.
Sudah selayaknya bangunan-bangunan seperti Gereja GPIB Magelang ini diselamatkan dan dirawat karena selain sebagai bangunan pusaka juga menjadi bukti bahwa bangunan-bangunan jaman dahulu tetap kokoh berdiri dengan nilai sejarahnnya.

11 komentar:

  1. Menurut informasi yang saya dapat dari Komunitas Kota Toea Magelang, Gereja ini dahulunya namanya Protestanche Kerk. Gereja Protestan. Dibangun belanda pada tahun sekitar 1817-1826. Adapun tanah yang digunakan waktu itu adalah tanah milik pemerintahan kabupaten magelang disebelah baratnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti dari dulu memang gereja kristen ya

      Hapus
    2. iya betul mas. Kalo yang baratnya telkom (Gereja St Ignatius) itu yang buat umat Katholik. Namanya Katholieke Kerk. Jadi pada jaman belanda tata kotanya bener2 udah keren. Memperhatikan kerukunan beragama. Ada masjid, gereja kristen, katholik, kelenteng..

      Hapus
  2. Keren yaaa ... bangunan dalem nya kayak apa nich ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya pingin masuk tapi keterbatasan waktu mas, jd blm bisa masuk

      Hapus
  3. magelang kota yang indah sob terlihat di televisi

    BalasHapus
  4. Itu warna catnya udah ga asli lagi ya? Bangunan dengan arsitektur gotik biasanya berwarna gelap kan...

    BalasHapus