Sabtu, 29 Desember 2012

JEMBATAN GANTUNG DUWET, Jembatan Bersejarah


Keberadaan jembatan gantung ini saya ketahui pada saat gunung Merapi meletus tahun 2010 lalu, karena pada saat itu daerah Muntilan banyak jalan yang tidak bisa dilewati maka saya mengambil jalur melewati Kulon Progo. Pada saat melewati jalur itu ketemulah jembatan gantung bersejarah ini.Dan yang ke dua kalinya pada saat perjalanan menuju Gua Maria Sendang Sono.
pengendara motor melintasi jembatan
Jembatan gantung ini bernama Jembatan Duwet atau masyarakat sekitar menyebutnya kretek gantung, berada di atas sungai Progo. Dinamakan Duwet karena berada di Dusun Duwet, Desa Banjarhajo Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kenapa jembatan gantung ini bersejarah?
sisi selatan
sisi utara
Jembatan gantung Duwet dibangun pada masa  penjajahan Belanda yang berfungsi untuk mempermudah transportasi ke dua daerah yaitu Dusun Duwet dan Dusun Gutekan, Dusun Gutekan berada di Des Bligo, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Jembatan gantung Duwet hanya dikhususkan bagi pejalan kaki, sepeda dan sepeda motor.
khusus untuk sepeda
di bagian bawah ada curug kecil
Pada saat saya berjalan ke tengah jembatan karena mau mengambil view bagian bawah jembatan, kebetulan ada sepeda motor yang lewat goyangannya lumayan bikin adrenalin naik karena jarak antara sungai ke jembatan lumayan tinggi. Ngeri juga kalau jatuh....
Jadi bagi yang mau merasakan sensasi goyangannya silahkan mencoba melewati jembatan gantung Duwet
di ambil dari rerimbunan sisi utara

2 komentar:

  1. Kirain jembatannya lebar, ternyata hanya cukup untuk kendaraan kecil ya mas...

    Apa kabar mas? Sehat kan? Lama tak sua...:)

    BalasHapus
  2. kecil ko mbak, jembatan tua juga.
    kabar baik, iya udah lama gak posting, ni baru bisa online lagi

    BalasHapus